Kota-kota Paling Romantis di Tiongkok

Membicarakan mengenai Tiongkok seakan tidak ada habisnya. Beberapa kota di negeri tirai bambu ini memang dikenal dengan kecantikan sekaligus keromantisannya, di tengah hiruk pikuk kesibukan kota dan keindividualisme para penduduknya.

Ada banyak kota di Tiongkok yang berkesan bagiku. Bahkan, terkadang ingin membuatku untuk kembali lagi. Kota-kota berikut ini mungkin bisa menjadi referensimu saat kamu merencanakan berlibur ke Tiongkok, tentunya setelah pandemi berakhir, ya.

Beijing

Dikenal sebagai ibukota Tiongkok, Beijing merupakan tempat yang romantis, terutama jika kamu suka segala sesuatu yang unik dan vintage. Yang pasti, kamu wajib mengunjungi Tembok Besar, entah itu melalui jalur Mutianyu atau Badaling. Sebab, ada pepatah lama yang mengatakan bahwa siapa saja yang pertama kali menginjakkan kaki di Beijing, maka wajib mengunjungi Tembok Besar. Sebenarnya, anggapan ini tak salah juga, karena Beijing memang lebih dikenal oleh penduduk dunia karena adanya Tembok Besar yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah masa lalu.

Selain itu, makanan halal juga mudah dan banyak ditemukan di Beijing. Jadi, bagi kamu umat Islam tidak perlu terlalu khawatir.

Tianjin

Jika kamu merasa bosan dengan suasana Beijing yang macet dan monoton, kamu bisa pindah ke Tianjin. Beijing dan Tianjin sangat dekat, hanya satu jam naik kereta. Jika Beijing ibarat Jakarta, Tianjin ibarat Tangerang. Cukup dekat, bukan? Jadwal kereta dari Beijing ke Tianjin maupun sebaliknya juga tersedia setiap jamnya dengan berbagai pilihan kereta.

Berbanding terbalik dengan arsitektur Beijing yang banyak bangunan-bangunan kuno, di Tianjin justru banyak terdapat bangunan-bangunan khas arsitektur Eropa. Rusia, lebih tepatnya. Jika kamu ingin berfoto dengan latar belakang bangunan ala Eropa, tapi budgetmu terbatas, kamu bisa mempertimbangkan pergi ke Tianjin. Kujamin, deh, siapa saja yang melihat fotomu nantinya pasti akan salah mengira bahwa kamu berfoto di Tianjin!

Oh, ya, ada satu tempat wisata terkenal di Tianjin yang namanya Tianjin Eye. Kamu bisa menikmati keromantisan Tianjin pada malam hari di tempat ini. Indahnya kelap-kelip lampu, apalagi saat bulan purnama, membuat Tianjin makin romantis!

Shanghai

Sebagai kota yang sibuk, kuakui Shanghai mempunyai pesonanya sendiri. Sama seperti Hong Kong, kota ini seolah tak pernah mati. Ada banyak tempat-tempat romantis yang tersembunyi di kota ini, tidak melulu naik cruise mengelilingi Sungai Huangpu atau berswafoto di The Bund.

Suasana malam Kota Shanghai.

Kalaupun tidak ingin berada di tengah hiruk pikuk Shanghai yang bising, kamu bisa melipir ke kota lama Zhujiajiao, sebuah tempat di pinggiran Shanghai yang tidak kalah cantiknya. Terdapat banyak bangunan kuno dan artistik di kota ini, dengan kanal-kanal yang lebar, yang membawamu seakan berada di Tiongkok zaman kuno.

Psst, kabarnya, Zhujiajiao adalah salah satu setting dalam film Mission Impossible 3.

Nanchang

Kamu ingin pergi ke Beijing untuk mendaki ke Tembok Besar tapi tidak kuat menanjak? Atau tidak ingin pergi ke Tembok Besar karena jumlah turisnya yang membludak dan tidak ingin berdesakan? Jangan khawatir. Kamu bisa pergi ke Nanchang.

Nanchang adalah ibukota Provinsi Jiangxi. Letaknya di Tiongkok bagian tengah. Kota ini mungkin tidak terlalu populer di telinga turis asing. Namun, kalau kamu tidak bisa mendaki Tembok Besar di Beijing, pemerintah Tiongkok telah menyediakan replikanya di Nanchang.

Replika Tembok Besar di Nanchang, Provinsi Jiangxi.

Tempat ini sangat cantik dan terletak di Nanchang bagian timur. Panjang replika Tembok Besar ini sekitar 4 kilometer, dengan sudut tanjakan yang tidak terlalu ekstrem jika dibandingkan dengan Tembok Besar di Beijing.

Dandong

Dandong terletak di Provinsi Liaoning, perbatasan antara Tiongkok dan Korea Utara. Selama ini Korea Utara dikenal sebagai salah satu negara yang tertutup di dunia.

Jika kamu datang ke Dandong, kamu bisa mengintip kehidupan rakyat Korea Utara dari dekat. Banyak warga Korea Utara yang bekerja di Dandong sebagai pelayan restoran atau bekerja di sekitar imigrasi. Kerajinan atau kuliner khas Korea Utara juga cukup banyak ditemukan di Dandong.

Tiongkok dan Korea Utara dipisahkan oleh sungai yang bernama Sungai Yalu, atau dalam bahasa Korea disebut Sungai Amnok. Pemandangan di sekitar tepi Sungai Yalu juga cukup bagus, terutama saat malam. Boleh dikatakan bahwa kota ini adalah perpaduan cita rasa Tiongkok dan Korea Utara, baik dari segi budaya, kuliner, dan bahasa.

Kamu bisa pergi ke Dandong dengan menggunakan kereta dari Beijing maupun Shenyang dengan tujuan Pyongyang, Korea Utara.

Dali

Dali terletak di Provinsi Yunnan, sebuah provinsi yang berbatasan dengan Myanmar. Untuk menuju ke Dali, dibutuhkan waktu sekitar 6 jam naik kereta dari Kunming, ibukota Provinsi Yunnan.

Dali terletak di dataran tinggi dan termasuk salah satu kota kuno yang sangat populer, baik untuk turis Tiongkok maupun turis asing. Bahkan, dalam sebuah lagu populer yang berjudul 带你去旅行 Dai Ni Qu Lv Xing (Membawamu Pergi Berlibur) ada kata-kata 还有云南的大理保留着会议 yang artinya: menyimpan memori di Dali, Yunnan. Ini artinya bahwa Dali merupakan destinasi liburan yang sangat berkesan dalam ingatan siapa saja yang datang ke kota ini.

Pemandangan langit malam di Dali juga sangat indah. Mungkin karena tidak tercemar oleh polusi udara dan letaknya di pegunungan. Bahkan, jika beruntung, kamu bisa menyaksikan indahnya Galaksi Bimasakti dengan mata telanjang di Dali.

Nah, setelah membaca artikel ini, kota mana yang menurutmu paling romantis dari daftar di atas?

Tinggalkan Balasan